English French German Spain Italian

Dutch Russian Japanese Arabic Chinese Simplified

Selasa, 08 Maret 2011

Tepung Ganyol Baik Untuk Balita

Ganyol (Canna Edulis) adalah jenis umbi-umbian yang tumbuh di kebun dan dipinggir hutan. Pada waktu jaman penjajahan Jepang sampai tahun 1960-an sempat dikonsumsi masyarakat sebagai pengganti beras yang harganya menjulang tinggi.

Sekarang ini para ahli tanaman pangan, berdasarkan hasil penelitian menyatakan bahwa ganyol merupakan tumbuhan yang memiliki gizi yang baik. Kandungan gizi yang terdapat pada ganyol diantaranya fosfor dan kalsium, melebihi kandungan yang terdapat pada ubi, jagung dan kentang. Meskipun ganyol diolah menjadi tepung serta makanan olahan lainnya, kandungan gizi yang terdapat pada ganyol tetap tidak berkurang.

Banyaknya kandungan fosfor dan kalsium pada ganyol, menjadikan tumbuhan ini bermanfaat bagi pertumbuhan tulang dan gigi balita. Sangat baik dikonsumsi oleh ibu-ibu hamil. Bahkan ahli gizi menganjurkan agar balita diberi tepung ganyol secara tetap agar pertumbuhan tulang dan giginya bagus.

Kandungan tepung ganyol terdiri dari, air 16.57, protein 5.8, lemak 5.43, karbohidrat 84.6, serat 12.79, kalsium 8, energi 4.06, serta lysine 0.29. Banyaknya kandungan serat sangat baik bagi pencernaan. Keuntungan yang lain adalah tekstur ganyol yang lembut, baik sekali untuk makanan balita.

Ganyol juga dapat dijadikan bahan campuran untuk membuat roti atau kue, hasilnya akan terasa lebih lembut dan empuk. Dari sisi keuangan, harga ganyol sangat kompetitif sekali. Tepung ganyol bahkan menjadi bahan subtitusi bagi tepung terigu.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

sy ketika masih kecil sering makan ganyol, tpi sekarang langka....

Posting Komentar

 
Great HTML Templates from easytemplates.com.