English French German Spain Italian

Dutch Russian Japanese Arabic Chinese Simplified

Kamis, 10 Maret 2011

Dayeuhluhur Tetap Mempertahankan Bahasa Sunda Sebagai Bahasa Ibu

Dayeuhluhur adalah salah satu wilayah di Jawa Tengah yang masyarakatnya sehari-hari menggunakan Bahasa Sunda. Dayeuhluhur berbatasan dengan Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis Jawa Barat, yang dibatasi oleh sungai Cijolang yang merupakan batas wilayah Jawa Barat dengan Jawa Tengah.

Dalam hal kebudayaan, di Kecamatan dayeuhluhur tidak berbeda dengan di Daerah Sunda (Jawa Barat) pada umumnya. Selain sehari-hari menggunakan bahasa Sunda, yang menurut penduduk Rancah lebih baik daripada penduduk Priangan, kesenian yang berkembang adalah calung, wayang golek, jaipong, kliningan dan kesenian Sunda lainnya.

Masyarakat Dayeuhluhur menganggap Bahasa Sunda adalah Bahasa Ibu yang harus tetap dijaga kelestariannya karena merupakan bagian dari peradaban dan kebudayaan dunia yang tidak perlu mempersoalkan wilayah administratif meski mereka berada di wilayah Jawa Tengah, tidak terpengaruhi budaya Jawa tetapi mempertahankan budaya Sunda.

Penemuan kasus-kasus seperti diatas mengilhami UNESCO ( United National Education, Social, and Culture Organitation ) perlu memperjuangkan supaya Bahasa Ibu terus digunakan. Dalam Konferensi Umum UNESCO bulan November 1999, menetapkan bahwa tanggal 21 Februari merupakan hari Bahasa Ibu internasional.

4 komentar:

Boku no Blog mengatakan...

hAPPY bLOGGING..
Tetap lanjutkan postingannya
Semangat dan skses selalu

Dayeuhluhur mengatakan...

follow blog uing lur ti cimanggeng :D

Anonim mengatakan...

pertahankan dan kembangkan bahasa sunda di jawa tengah

Anonim mengatakan...

ronjatkeun teras basa SUNDA

Posting Komentar

 
Great HTML Templates from easytemplates.com.