English French German Spain Italian

Dutch Russian Japanese Arabic Chinese Simplified

Senin, 21 Maret 2011

Prabu Siliwangi Dimakamkan di Nusa Larang

Nusa Gede, sebuah pulau yang terletak di tengah-tengah Situ Lengkong Panjalu, kurang lebih 30 km sebelah utara Kota Ciamis. Disebut Nusa Gede karena luasnya 16,25 ha. Situ Lengkong sendiri luasnya 57,95 ha.

Sejak tanggal 21 Februari 1919 Nusa Gede oleh pemerintah Belanda dijadikan cagar alam. Sekarang pengelolaan hutan lindung Nusa Gede dikelola oleh Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDK) Jawa Barat. Terdapat 30 jenis tumbuhan, diantaranya Ki Bima, Ki Sapu, Caringin dan Picung Celeng.
Nusa Gede juga terkenal dengan sebutan Nusa Larang yang pada saat-saat tertentu dipakai untuk membersihkan benda-benda pusaka, yang oleh penduduk Panjalu disebut Nyangku.

Di Nusa Larang atau Nusa Gede terdapat sebuah makam yang selalu didatangi penjiarah dari Jawa Barat, Jawa Tengah maupun Jawa Timur. Rombongan perjalanan ini biasanya satu paket dengan jiarah ke Cirebon dan Pamijahan Kabupaten Tasikmalaya.

Masyarakat Panjalu menyebut makam tersebut adalah makam Mbah Panjalu. Yang di dalam cerita Babad Panjalu bernama Hariang Kancana, orang kepercayaan Borosngora. Berdasarkan informasi KH. Abdurahman Wahid (Gus Dur) bernama Syaid Ali bin Muhammad bin Umar, berasal dari Samudera Pasai (Aceh), yang ada keterkaitannya dengan Kerajaan Panjalu di Jawa Timur.

Sementara itu Prof. Dr. Ayatrohaedi, menyatakan bahwa yang dimakamkan di Nusa Larang adalah Prabu Niskala Wastukancana, raja Sunda-Galuh (1371-1475) yang pusat pemerintahannya terletak di Kawali. Dalam naskah cerita Parahyangan peninggalan abad ke-16 diceritakan Prabu Wastukancana dimakamkan di Nusa Larang Gunung Wanakusumah.

Ayatrohaedi menegaskan Hariang Kancana adalah Wastukancana, sedangkan Borosngora adalah Bunisora, paman dari Wastukancana. Sementara Nusa Larang adalah Nusa Gede yang berada di Situ Lengkong. Di wilayah Kawali tidak ada lagi situ/danau yang berdekatan dengan situs Astana Gede.

Bedasarkan beberapa sumber sejarah, Prabu Wastukancana diidentikan dengan Prabu Siliwangi hal ini mengandung arti bahwa makam yang berada di Nusa Gede atau Nusa Larang adalah makam Prabu Siliwangi. Berdasarkan penafsiran ilmu kebatinan, tidak sedikit yang menerangkan orang yang dimakamkan di Nusa Larang tersebut adalah Prabu Wastukancana atau Prabu Siliwangi.
(Sumber : NS, BB-Galura).

0 komentar:

Posting Komentar

 
Great HTML Templates from easytemplates.com.